Arab Saudi Resmi Buka Pintu Umrah Bagi Indonesia

REKAYOREK.ID Arab Saudi secara resmi membuka pelaksanaan ibadah umrah bagi jamaah dari Indonesia. Hal ini disampaikan pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik kedutaan besarnya.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers daring, Sabtu (9/10/2021).

Menurut Retno, pemerintah RI dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi kini dalam tahap akhir pembahasan teknis seperti vaksin dan proses karantina.

“Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan,” ucapnya.

Seperti diketahui, Arab Saudi pada Agustus 2021 lalu sudah membuka kembali penyelenggaraan ibadah umrah bagi negara-negara tertentu, tapi belum untuk Indonesia.

Dan sesuai keputusan akhir, Arab Saudi kini telah mengakui vaksin Covid-19 produksi China, Sinovac dan Sinopharm, sementara sebelumnya, Saudi hanya mengakui empat vaksin corona yakni Pfizer, AstraZeneca, Modern dan Jhonson and Jhonson.

Namun demikian Saudi mewajibkan pengunjung disuntik vaksin booster dari 4 jenis vaksin yakni Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Jhonson and Jhonson.[]

arab saudiumrah
Komentar (0)
Tambah Komentar