Menghidupkan Kembali Kampung Pecinan Gresik

REKAYOREK.ID Sebagai upaya untuk mengenang dan memperkenalkan Kampung Pecinan yang berada di Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Kota Gresik, kepada generasi muda (milenial), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mulai memperbaiki dan mempercantikan kawasan heritage dengan memasang berbagai ornamen bernuasa khas oriental Tionghoa.

Menurut Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, Kampung Pecinan yang sudah hadir sejak sebelum zaman kolonial harus dilestarikan keberadaannya agar bisa diketahui oleh generasi milenial di Gresik.

“Kampung pecinan yang sebelumnya sepi, kini kami coba ubah untuk menjadi kawasan destinasi wisata kuliner dengan pesona yang unik khas Tionghua. Tujuannya agar masyarakat yang sebelumnya mungkin tidak tahu Kampung Pecinan, bisa mengerti,” ujarnya, Minggu (12/6/2022).

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani saat berdiskusi di Kampung Pecinan. Foto: ist

 

Sehingga lanjut Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik, Kampung Pecinan yang notabene peninggalan masa lampu kembali bergeliat layaknya zaman dahulu.

“Saya pikir masyarakat akan ramai untuk berkujung kesini, karena Kampung Pecinan memiliki keeksotikan bangunannya yang tentunya bakal diburu oleh para pengemar selfi (foto selfi). Apalagi jika tersedia juga beraneka ragam kuliner, tentunya akan menjadi tongkrongan baru kaum milenial,” tuturnya.

Selain memperkenalkan budaya yang telah tumbuh di Gresik, tujuannya juga untuk membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya para pelaku UMKM yang berada di sekitar Kampung Pecinan ini,” sambungnya.

Gus Yani menambahkan, sebelum dijadikan sebagai kawasan destinasi wisata kuliner. Pihaknya melalui dinas terkait, telah melakukan revitalisasi dan penataan agar Kampung Pecinan menjadi cantik.

“Setelah ditata, baru diramaikan dengan mengelar festival Kampung Pecinan hari ini. Sekaligus berharap agar kawasan peninggalan masa lampau ini dijaga dan dilestarikan dengan baik oleh semua pihak,” tandasnya.

Untuk diketahui, lokasi Kampung Pecinan berada diantara Jalan KS Tubun, Jalan Setiabudi dan Jalan KH Zubair. Lokasinya mudah dikenali, karena didalamnya terdapat klenteng dan masih berada dikawasan Alun-alun Kota Gresik.@Joss

gresikkampung pecinankampung pecinan gresik