Ini Respon Menkes Budi Saat Isoman Meninggal: Saya Sedih

REKAYOREK.ID Menteri Kesehatan, Budi Gunawan Sadikin mengingatkan semua masyarakat bahwa Covid-19 bukanlah aib yang harus ditutupi. Karena banyak faktor penyebab pasien Covid-19 saat menjalani isolasi mandiri (isoman) meninggal dunia.

“Saya sedih, saya juga dapat masukan (pasien) isoman meninggal, penyebabnya banyak, bukan hanya tidak diterima di RS. Tapi rupanya orang yang sakit di banyak daerah masih dilihat sebagai orang yang ternoda, terhukum, orang yang tidak baik perilakunya jadi kasihan orang-orang ini,” kata Budi, Senin (26/7).

Menurut dia, hal inilah yang membuat mereka yang terpapar Covid-19 dan menjalani isoman enggan menjalani tes dan melapor ke fasilitas kesehatan bahwa telah positif Covid-19.

“Mereka tidak mau dites, tidak mau lapor karena ada beban sosial. Karena itu, sakit Covid bukan aib, justru kalau saudara kita sakit harus dibantu. Jangan diaibkan nanti malah gak mau lapor,” ungkap dia.

Budi menuturkan, bahaya apabila masyarakat yang memiliki gejala Covid-19 namun tidak melakukan tes dan melapor ke fasilitas kesehatan.

Terlebih, bagi pasien berpenyakit komorbid serta bergejala berat yang membutuhkan penanganan segera di Rumah Sakit.

“Telat masuk RS dan jadi kematian tinggi. Jadi, tolong Bapak/Ibu segera lapor ke RS, Puskesmas, dokter agar bisa dites cepat supaya bisa tahu level keparahannya seperti apa dan di treatment sesuai keparahannya. Mudah-mudahan dengan itu bisa mengurangi kematian,” kata Budi.

budi gunawan sadikincovid-19menkes
Komentar (0)
Tambah Komentar