Luhut: Kami Menghadapi Banyak Masalah

REKAYOREK.ID Tidak mudah bagi pemerintah dalam penanganan Covid-19 sekarang ini. Demikian Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan. Sabtu (17/7).

Luhut mengatakan, pemerintah kerja keras, dan menghadapi banyak masalah dan tantangan menghentikan transmisi virus Covid-19 varian Delta yang berasal dari India.

“Bukan pilihan yang mudah bagi pemerintah untuk memutuskan PPKM ini, di satu sisi kita harus menghentikan laju penularan varian delta yang naik tinggi,” ujar Luhut dalam jumpa pers virtual tentang ‘Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat’.

Di sisi yang lain, Luhut menyebutkan petimbangan lain yang membuat pemerintah masih menimbang-nimbang memperpanjang PPKM Darurat.

“Di sisi lain, dampak terhadap ekonomi rakyat kecil juga cukup besar akibat penurunan aktifitas dan mobilitas masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Luhut, penutupan pusat pembelanjaan dan pembatasan operasional rumah makan juga membawa dampak terhadap penurunan omset penjualan yang cukup signifikan.

“Restoran dan tempat makan pun hanya bisa menerima take away, tentunya akan berpengaruh terhadap omzet suatu usaha atau pendapatan harian pedagang kecil,” jelasnya.

Meskipun berat, lanjut Menko Kemaritiman dan Investasi ini, pemerintah mau tidak mau harus menerapkan PPKM Darurat untuk membatasi mobilitas dan aktifitas masyarakat di ruang publik, sejak 3 Juli hingga 20 Juli mendatang.

“Pemerintah memutuskan bahwa PPKM ini bisa diambil untuk menghentikan laju penyebaran varian Delta,” pungkasnya.

covid-19luhut
Komentar (0)
Tambah Komentar