Rekayorek.id, Portal berita dan wadah berbagi kreativitas

Kampus Wijaya Putra Punya Laboratorium Hukum, Namanya Taufiqurrahman

Cita-cita Dr Taufiqurrahman sebelum wafat, yakni pembentukan laboratorium hukum telah terlaksana

REKAYOREK.ID Fakultas Hukum Universitas Wijaya Putera (FH UWP) kini memiliki Laboratorium Hukum yang diresmikan hari ini, Rabu (10/7/2024). Laboratorium yang bernama Laboratorium Hukum Taufiqurrahman’ ini sedianya digunakan untuk mendukung kegiatan Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) yang merupakan mata kuliah wajib di seluruh Fakultas Hukum di Indonesia.

Demikian disampaikan Dekan FH UWP, Dr. Andy Usmina Wijaya, S.H., M.H., saat memberikan sambutan peresmian Laboratorium Hukum Taufiqurrahman.

“Hal ini untuk meningkatkan kualitas mahasiswa FH UWP dalam skill beracara, sejalan dengan moto FH UWP sebagai School of Litigators,” ujar Andy.

Menurutnya, Laboratorium Hukum Taufiqurrahman juga dilengkapi dengan peralatan teknologi termutakhir untuk mendukung persidangan secara elektronik atau e-court yang sejalan dengan program digitalisasi pengadilan yang dicanangkan oleh Mahkamah Agung RI.

“Kami berharap laboratorium hukum ini tidak hanya digunakan untuk praktik persidangan elektronik semata, melainkan juga untuk kegiatan-kegiatan akademik yang berbasis elektronik yang dapat menunjang skill mahasiswa, sejalan dengan moto School of Litigators,” kata Andy Usmina.

Sementara itu Rektor UWP, Dr. Budi Endarto, S.H., M.Hum., mengapresiasi terbentuknya Laboratorium Hukum Taufiqurrahman. Ia menyampaikan bahwa Laboratorium tersebut merupakan apresiasi terhadap salah satu Dosen FH UWP yang juga merupakan Wakil Ketua Asosiasi Laboratorium Hukum Indonesia (ALHI), Dr. Taufiqurrahman, S.H., M.Hum., yang wafat pada 25 Mei 2024 silam.

“Ini merupakan apresiasi terhadap beliau atas dedikasinya selama 30 tahun mengabdi di UWP, termasuk dalam mengajar hukum acara dan PLKH di FH UWP,” kata Budi.

Budi mengaku bersyukur bahwa cita-cita Dr. Taufiqurrahman sebelum wafat, yakni pembentukan laboratorium hukum telah terlaksana.

“Apresiasi kepada Fakultas Hukum juga disampaikan dengan merealisasikannya, bahkan sebelum 40 harinya beliau. Saya percaya bahwa beliau pasti bangga di sana,” tandasnya.

Peresmian Laboratorium Hukum Taufiqurrahman ini ditandai dengan pemotongan tumpeng. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh segenap pejabat struktural Universitas Wijaya Putra.

Selepas acara tasyakuran, Laboratorium Hukum Taufiqurrahman langsung digunakan untuk praktik simulasi persidangan secara elektronik yang diperankan oleh mahasiswa semester akhir FH UWP. Praktik persidangan secara elektronik tersebut mengambil kasus tindak pidana perzinahan berlangsung lancar dan sukses.@

Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari penggunaan kata yang mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Loading...