Rekayorek.id, Portal berita dan wadah berbagi kreativitas

KNTI Jatim Dorong Sosialisasi Proyek Reklamasi Kota Baru Kenjeran

REKAYOREK.ID Presiden Joko Widodo mengumumkan penetapan 16 Proyek Strategis Nasional (PSN) tahun 2024. Salah satunya proyek  Kawasan Pesisir Terpadu atau Surabaya Front City senilai Rp 50 triliun.

Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Misbachul Munir mengatakan dirinya sudah mengetahui hal itu dan rencananya PSN tersebut akan dibangun di perairan Selat Madura tepatnya di Kecamatan Kenjeran dan Kecamatan Bulak.

“Proyek tersebut sebaiknya segera disosialisasikan dan melibatkan nelayan sejak awal,” pintanya.

Pengurus DPP KNTI itu menambahkan, sebelumnya di wilayah perairan Kenjeran sudah pernah hadir proyek reklamasi dan pasir laut dan semuanya merugikan nelayan Pantai Surabaya Utara.

“Adakan semacam diskusi atau FGD bentuk dari sosialisasi awal,” usulnya sehingga masyarakat tahu seperti apa rencananya dan apa manfaatnya yang akan dinikmati 1000 lebih nelayan di Surabaya Utara.

Informasi yang diperoleh awak media ini, rencana PT. Granting Jaya (Kent Park) menggandeng Kapal Api akan membuat pulau buatan, panjang pulau 7,8 km, lebar 1,4 km ke arah laut. Pulau terpisah 100 meter dari darat. Sekitar 10 desa di Kecamatan Kenjeran dan bulak akan terdampak. Luas lahan yg diajukan ijinnya 1.087 ha, 720 ha akan direklamasi. Bentuknya pulau tidak utuh tetapi terpisah antarpulau dan akan dihubungkan oleh jembatan.@mas

Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari penggunaan kata yang mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Loading...