Rekayorek.id, Portal berita dan wadah berbagi kreativitas

FH UWP Gelar Kompetisi Debat Antar SMA se-Surabaya Raya

REKAYOREK.ID Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024, Fakultas Hukum Universitas Wijaya Putra (FH UWP) menyelenggarakan Debate Competition Wijaya Putra Law Fair 2024 yang diikuti delegasi dari SMA/MA Se-Surabaya Raya pada Sabtu, 01 Juni 2024 di Gedung E FH UWP, Kampus Benowo.

Pada pagelaran kompetisi debat tersebut, FH UWP ini mengangkat tema “Peran Generasi Muda Dalam Penerapan Pancasila Pada Kehidupan Sehari-Hari”.
Kompetisi debat berlangsung secara sengit.

Setiap tim menyampaikan argumentasi mereka sebagai tim pro atau kontra berdasarkan mosi yang disampaikan oleh panitia. Para tim dinilai oleh 6 dewan juri yang merupakan pakar dari sejumlah bidang ilmu yakni Dr. Andy Usmina Wijaya, S.H., M.H., Sekaring Ayumeida Kusnadi, S.H., M.H., I Komang Aries Dharmawan S.H., M.H., Suci Ariyanti, S.H., S.S., Dedy Rusniawan, S.Pd., dan Khoirul Anam, S.Si., M.T.

Puncaknya pada saat semifinal, yang mana masing-masing tim menyampaikan argumentasi dari sudut pandang pro atau kontra dengan mosi terkait dengan bahasa asing, pendidikan serta nasionalisme.

Hasilnya juara 1 diraih oleh tim dari Little Sun School yang diwakili oleh Keiko Vianna Lo, Samuel Jafferson Tirtawijaya, dan Aditya Chandra Lieubun.

Juara 2 juga diraih oleh tim dari Little Sun School yang diwakili oleh Jessica Fiona Hariono, Kimi Rudson, dan Reyhan Adi Jayawasita.

Juara 3 diraih oleh tim dari SMA Kristen Petra Acitya yang diwakili oleh Timothy Oloan Annerivan Sianipar, Johnathan Wijaya dan Theophilus Fransiskus The Ing Ming.

Semifinalis lainnya ialah tim dari SMAN 12 Surabaya yang diwakili oleh Aprilliano Dava Decristo, Olivia Lintang Andini, dan Maria Joyceline Honesty.

Ketua Panitia UWP Law Fair 2024, Nur Hidayatul Fithri menyampaikan bahwa kompetisi debat tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan UWP Law Fair 2024 yang diselenggarakan FH UWP.

“Sebelumnya kami telah melaksanakan kompetisi essay antar SMA Se-Surabaya dan Gresik pada 25 Mei lalu”, ujar Fithri.

Apresiasi disampaikan oleh Dekan FH UWP, Dr. Andy Usmina Wijaya, S.H., M.H., atas tingginya antusiasme peserta lomba debat. Ia menyampaikan bahwa seluruh tim telah menampilkan performa terbaiknya.

“Seluruh tim yang mengikuti kompetisi debat ini sejatinya adalah para pemenang”, tutur Andy.

Ia berharap kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengasah kemampuan berargumen guna mendukung Indonesia Emas 2045 sekaligus sebagai wujud dari visi FH UWP sebagai School of Litigators sejalan dengan motto Universitas Wijaya Putra yakni Growth with Society atau tumbuh kembang bersama masyarakat.@

Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari penggunaan kata yang mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Loading...