Rekayorek.id, Portal berita dan wadah berbagi kreativitas

PKS Jambi Optimis Lolos ke Senayan

Quick Count Charta Politica menempatkan PKS Jambi di urutan kelima dengan perolehan 9,59 persen

REKAYOREK.ID Quick Count Charta Politica menempatkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di urutan kelima dengan perolehan 9,59 persen dalam pemilihan partai politik DPR RI dapil Jambi dari data masuk yang sudah 96,15 persen pada 16 Februari pukul 07.15.

Di posisi pertama ditempati Golkar dengan perolehan 16,81 persen, disusul PDI Perjuangan yang memperoleh suara sebesar 14,77 persen. Kemudian Gerindra 10,73 persen dan ditempel PAN 10,23 persen.

Di bawah PKS ada Partai NasDem yang memperoleh 9,15 persen, Demokrat 8,91 persen dan PKB 8,73 persen.

Berdasarkan hasil quick count ini tidak ada partai politik yang memperoleh dua kursi, kursi pertama hingga kedelapan diisi oleh partai politik berbeda.

Caleg DPR RI PKS Dapil Provinsi Jambi, Ahmad Fathul Bari mengatakan berdasarkan hasil quick count tersebut, pihaknya tetap akan menunggu hasil real count.

“Tentu akan kita jadikan salah satu rujukan pembanding hasil real count yang sedang kami lakukan dan juga sedang berjalan di KPU,” kata Ahmad pada awak media, Jumat (16/2/2024).

Wasekjen DPP PKS ini juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi masyarakat yang telah memberi suara pada Caleg PKS.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengamanahkan suara, harapan, dan kepercayaan terhadap PKS,” ujarnya.

Ahmad menambahkan, dengan hasil tersebut, PKS tetap optimis bisa merebut satu kursi DPR RI dari Dapil Jambi.

“Kami sangat yakin, Insya Allah PKS akan lolos ke Senayan dari Dapil Jambi. Dari berbagai riset dan evaluasi lapangan yang kami lakukan secara berkala hingga saat ini, potensi PKS dapat 1 kursi sangat besar,” ucap Juru Bicara Timnas AMIN ini.

Kendati demikian saat ini PKS, lanjut Ahmad, akan terus mengawal suara hingga penetapan bahkan sudah mempersiapkan pula antisipasi jika terjadi sengketa.

Dikatakan Ahmad, bahwa berdasarkan pengalaman hasil quick count tak berbeda jauh dengan real count.

“Tingga bagaimana menjaga dan mengawal agar suara ini tak berubah. Dari seluruh persiapan yang ada kami optimis itu akan terkawal dengan baik, karena di Jambi dan di seluruh Indonesia, pemenuhan saksi PKS hampir seluruhnya terpenuhi. Bahkan untuk pemenuhan saksi di Jambi, sekitar 99% kami memiliki saksi di seluruh TPS se-Provinsi Jambi,” jelasnya.

“Oleh karena itu, kami akan terus mengawal dengan detail agar tidak terjadi kecurangan, sehingga kursi PKS untuk DPR RI dari Dapil Jambi bisa kita raih,” demikian Ahmad Fathul Bari.@

Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari penggunaan kata yang mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Loading...